Senin, 30 Mei 2011

talk about gifted children


Menjawab 3 pertanyaan tentang “Anak Berbakat”
1. Apakah disekolah ibu terdapat anak-anak berbakat?
2. Bagaimana cara ibu mengidentfikasi bahwa anak tersebut termasuk anak berbakat?
3. Usaha apa yang ibu lakukan untuk mengembangkan bakat anak tersebut?

Saya seorang guru mata pelajaran TIK (teknologi Informasi dan Komunikasi), disekolah tempat saya bekerja, terdapat beberapa anak berbakat.
Berbakat yang saya maksud adalah anak yang memiliki kemampuan khusus dibidang tertentu. Karena menurut saya, anak berbakat berbeda pengertiannya dengan anak cerdas. Meski biasanya anak berbakat tergolong anak cerdas.
Bakat lebih mengacu pada motorik maupun keterampilan yang ditampilkan anak. Dengan kata lain, bakat bisa terlihat oleh orang lain. Keterbakatan adalah potensi bawaan yang memerlukan pengasuhan yang sesuai dengan kebutuhan.
Cara yang dilakukan adalah terus-menerus mengasah bakat melalui latihan. Bakat tidak akan berkembang bila tak ada penguat, sehingga kemudian hilang. Selain bakat, mereka juga mempunyai minat terhadap bidang yang digeluti. Adanya minat juga akan menguatkan bakat tersebut.
Seorang anak yang dikategorikan cerdas biasanya mampu menguasai beberapa pelajaran sekaligus, atau memiliki kemampuan akademik lebih. Tetapi anak berbakat belum tentu, misalnya ada anak berbakat di bidang melukis, belum tentu menguasai bidang matematika, seorang anak berbakat dalam speaking English belum tentu menguasai bidang IPA, dsb, karena kemampuan verbalnya memang berbeda dengan kemampuan non verbalnya.
Ada beberapa nama anak berbakat di sekolah yang cukup berprestasi dan cukup membawa nama sekolah. Kami sebagai pamong belajar di sekolah berkewajiban mendampingi mereka untuk membantu mengenali bakat mereka dan membantu mengembangkannya, contohnya :
no Nama siswa bakat
1 Claudia Sarong English speech
2 Juwita Jap English Speech
3 Ferren Nawa Swimming
4 Johan Lasut Swimming
5 Merlinda Heka Math
6 Modesta Mado IPA
7 Rio Korebima ICT

MENDETEKSI ANAK BERBAKAT
1. Saya mendeteksi anak berbakat dengan memperhatikan kinerjanya didalam kelas. Biasanya anak berbakat akan lebih cepat menguasai bidang tertentu dibanding anak lain tanpa mengeluarkan usaha keras, biasanya mereka adalah seorang pengamat luar biasa dan selalu ingin tahu.Mereka juga memiliki periode konsentrasi lebih lama daripada anak lain.
Contohnya :
Anak berbakat seni suara atau musik, tentu akan lebih muda mengenali not, nada dsb. Anak berbakat dibidang seni lukis, tentu akan terlihat lebih kreatif daripada anak yang lain, Anak berbakat dibidang bahasa, tentu akan lebih mudah dalam menghafal bahasa asing lebih cepat, atau bisa memiliki kosa kata leih banyak daripada yang lain
Kebetulan pada bidang saya ICT (informatic Computer and Technologi), saya memiliki beberapa anak yang tidak hanya berbakat pada bidang komputer, tetapi sekaligus juga memiliki kreatifitas tinggi dibidang seni lukis ataupun linguistik/bahasa dan karya tulis. Beberapa siswa yang saya bimbing, pernah memenangkan juara lomba membuat image / gambar menggunakan komputer, beberapa siswa juga memenangkan juara menulis artikel dibidang ICT, beberapa siswa juga pernah memengangkan lomba ICT untuk pemrograman bahkan sampai tingkat nasional.
2. Mendeteksi anak berbakat juga bisa dilihat dari cara mereka mempelajari sesuatu, mereka akan lebih kreatif dan memiliki cara berbeda dalam memecahkan masalah, mereka hanya memerlukan sedikit bantuan dari orang dewasa ( guru/ortu). Biasanya mereka suka mengeksplore dirinya karena rasa keingintahuannya yang tinggi.Mereka memiliki kemampuan untuk memahami konsep yang kompleks dan berpikir abstrak. Mereka berpikir lebih kritis dan minatnya sangat luas dan cenderung berubah-ubah.
USAHA YANG SAYA LAKUKAN UNTUK MEJADI PENDAMPING MEREKA (ANAK BERBAKAT)
Menurut saya, bakat juga berbeda dengan minat. Tidak semua bisa berjalan beriringan antara bakat dan minat. Ada beberapa anak berbakat yang justru tidak berminat pada bakat yang dimilikinya. Kasus ini bisa saja terjadi karena memang dia terlambat mengenali bakatnya dan juga pendampingan yang dilakukan terlambat dilakukan. Membangkitkan minat pada bakat yang dimilikinya memerlukan penanganan khusus dari pendampingan orang dewasa, dalam hal ini terutama guru dan orang tua. Pada kasus ini dibutuhkan usaha yang lebih keras daripada pendampingan pada anak berbakat.
Sebaliknya, ada anak yang sangat berminat pada bidang tertentu tetapi tidak memiliki bakat pada bidang tersebut, kita bisa lihat pada audisi Indonesian Idol atau bahkan American Idol. Banyak peserta yang setengah mati memperjuangkan dirinya masuk audisi, padahal benar-benar tidak dapat menyanyi.
Tetapi pada kasus ini, bisa saja masih ada upaya yang bisa dilakukan. Minat dapat menimbulkan kemauan yang keras, dengan pendampingan yang tepat dan melakukan usaha, misalnya dengan les vocal dan terus berlatih, niscaya akan terjadi juga keinginannya.
Cara saya untuk mengenali bakat mereka, tentu sesuai dengan kewenangan saya sebagai guru TIK, saya mencoba dengan :
• Melihat cara mereka memecahkan masalah dengan memberikan studi kasus pada pelajarannya
• Mengikuti perkembangan mereka dengan lebih cermat dengan mencatat kelebihan dan kelemahan mereka
• Memberikan stimulus kepada siswa, misalnya dengan persoalan pada pelajaran yang variatif dan kreatif
Contoh :
Pada pelajaran yang komputer yang kami berikan, kami tidak hanya memberikan cara menghidupkan , mematikan komputer dan mengetik menggunakan komputer, tetapi juga membuat pelajaran menjadi inovatif dan kreatif, karena misi kami adalah membelajarkan mereka agar suka belajar komputer dengan fun learning, misalnya :
• Menggunakan program Ms Word yang biasanya hanya digunakan untuk membuat naskah, kami juga ajarkan cara menggunakan gambar, memodifikasi gambar bahkan membuat gambar dengan Ms Word.
• Menggunakan program Ms Excel yang biasanya hanya digunakan untuk membuat tabel perhitungan yang ada hubungannya dengan angka, kami juga memberikan test dalam bentuk TTS (teka teki silang) menggunakan Ms Excel
• Menggunakan bahasa pemrograman VB (Visual Basic) yang biasanya digunakan untuk mengenalkan siswa pada dasar pemrograman, kami ajarkan cara membuat tampilan kalkulator ang bisa digunakan sebagai alat perhitungan
• Menggunakan Ms Visio, kami mengajarkan mereka membuat denah rumah bahkan peta jalan dari rumah mereka.

Tindak lanjut peran saya sebagai guru komputer untuk membantu perkembangan bakat siswa
• Kami tidak mengutamakan pencapaian target, malainkan pencapaian proses. Kami mencoba memahami perkembangan setiap dari mereka, karena setiap dari mereka adalah unik.
• Meski sudah mengetahui bakatnya, kami tetap mengutamakan minatnya, tanpa kemauan, sia-sia saja saya mendampingi mereka dengan paksaan, karena tidak akan ada hasilnya. Yang saya lakukan bukan mengidentifikasi bakat apa yang ada pada dirinya,, tapi lebih memperhatikan minat anak dengan memperkenalkan secara bertahap kepada anak tentang banyak hal. Setelah itu akan terlihat bakat mereka dan tinggal dibimbing dengan penanganan yang lebih.
• Membuat waktu pendampingan khusus, terutama saat akan mengikuti olimpiade atau perlombaan, tetapi kami akan kemas sedemikian les tambahan tersebut agar siswa tidak merasa dipaksa ataupun merasa les adalah bagian dari rutinitas.
• Membuat perlombaan intern untuk menimbulkan sifat kompetitif dan motivasi bagi mereka
• Membuat mereka menyelesaikan studi kasus dan mengekspresikan dengan cara yang baik, misalnya dengan presentasi sehingga terasah kepercayaan dirinya
• Memberikan penghargaan meskipun hanya berbentuk pujian, sesekali memang diperlukan memberikan reward untuk motivasi
• Menjadi teman sharing dan diskusi bagi mereka, tidak tertutup yang tidak berhubungan dengan bidang pelajaran, sehingga tercipta keterikatan dan keakraban dengan mereka.
Penanganan anak berbakat memang cukup rumit dan memerlukan kreatifitas yang tinggi.Penangan anak berbakat juga memerlukan turun tangannya lingkungan pendidikan termasuk guru dan orang tua. Saya pikir, dengan memahami keunikan mereka, menambah sumber bacaan yang memadai, selalu berusaha menjadi fasilitator yang baik, kita dapat mendampingi anak-anak berbakat tersebut berkembang optimal.

1 komentar:

  1. hi mom..i'm juwita...i'm so surprisesd when i found out my name on google and then get into ur blog^^
    thx for ur big attention to our talent...we cant be like this without our beloved teacher... i'm in the univ.now but it's quite different the way they teach and care abt us ... dat's why i miss my high school time with all beloved teachers like u mom..^^

    BalasHapus